Minggu, 24 Juni 2018

Writer Slump Atau Malas ?!




Hai, hallo, annyeong, moshi-moshi …..

Gak tahu harus pake kalimat pembuka apa yang tepat buat memulai blog ini. Well, sudah berapa lama ya aku hiatus dari tulis menulis yang lumayan panjang ??

Kayaknya udah setahunan gak ngereview buku atau ngisi blog ini dengan tulisan yang lebih berfaedah. Kebanyakan juga cuma menulis short thought atau sekedar puisi-puisi picisan dikala galau melanda J

Kenapa bisa hiatus nulis ? Kalau istilah kerennya sih aku lagi terkena writer slump atau writer block (kayaknya itu sih istilahnya) yang menggambarkan kemacetan ide atau turunnya mood buat nulis. Biasanya hal kayak gini juga sering dialami sama penulis yang udah punya nama, jadi gak heran juga kalau aku, yang notabene masih amatir dalam nulis, juga mengalami ini.


Well, itu pikiranku sampai beberapa bulan lalu, kalau writer slump itu nggak masalah, semua orang yang masuk di dunia menulis juga pasti pernah mengalaminya. Tapi ketika writer slump ini mulai menahun dan susah banget buat aku ngebangkitin lagi mood nulis, disitu aku mulai bertanya-bertanya, ini writer slump atau akunya yang memang malas ???

Woowww, malas !!!

Menengok kondisi dan kapasitasku dalam menulis , jujur aku merasa hiatus menulisku ini kok karena faktor malas ya, hahahaha !!!

Gak sedikit loh ide yang muncul dikepalaku ini buat dijadiin bahan tulisan, dan cukup banyak juga buku yang udah kubaca dan bisa kubikin review, tapi kembali lagi, ketika mood lagi nggak oke, maka membuat kalimat pembuka aja sudah menjadi kerja keras buatku.

Kalau bisa aku daftar, ada beberapa hal yang membuat writter slump eh kemalasan dalam mengisi blog ini tercipta, beberapa diantaranya adalah :

1    1. Hape

Duh ya, kalau sudah megang hape bakal susah lepasya !!! Seriouslly, cuma dengan buka ig, fb or twitter dan berselancar didalamnya aja sudah bisa menghabiskan waktu berjam-jam, dan itu sama sekali gak berasa !!!

Hape ini memang bahaya sih -eh bukan hapenya ding, cuma maintainance waktunya aja buat make- kalau gak bisa mengatur waktu dan mengendalikan diri waktu memakainya. Pernah loh seharian itu cuma aku habiskan buat main hape mulai dari buka ig, terus ke youtube, beralih ke twitter, eh abis itu balik lagi ke ig. Sampai rasanya aku sudah kena sindrom Nomophobia deh ….

Dan akhirnya karena keasyikan main hape jadi habis waktunya untuk ngeblog, bahkan yang awalnya cuma mau browsing buat cari referensi tulisan akan berakhir dengan masuk ke ig dan menscroll lamannya hingga beberapa jam kedepan -_-

      2. Kerjaan

Oke, untuk list kedua ini masih bisa diterima, karena emang kalau kerjaan udah numpuk maka prioritasnya harus menyelesaikan pekerjaan itu dulu dong. Dan memang pekerjaanku sekarang cukup banyak menghabiskan waktu di kantor, pulang ke rumah sudah sekitaran magrib dan kemudian tidur karena kecapekan. Bahkan jika sedang gila-gilanya, weekend pun harus tetap lembur biar kerjaan selesai sesuai tenggat waktunya.

3    3. Tidur

I’am a sleeping beauty …. Wooohohooo !!! Sorry, dihapus aja bagian beautynya karena kalau aku sih cuma dapet di sleepingnya aja alias tukang molor. Nggak tahu sistem otakku ada yang geser mungkin jadi kalau nempel di bantal udah langsung merem aja bawaannya. Kadang juga kalau pas duduk-duduk diem gitu tiba-tiba udah sliyuuuuut … tidur sebentar trus kebangun karena kaget, hahaha.

Tapi memang frekuensi tidurku banyak sih. Kalau di poin 2 kan waktuku habis untuk kerja dari pagi sampai sore, nah sisanya itu aku habiskan buat tidur. Begitu juga kalau dapat hari libur atau weekend, maka prioritas utama adalah tidur !!!

Jadi kebayang kan waktu untuk menulis itu bener-bener gak ada kalau mau menuruti hedonku buat tidur, kerja dan main hape. Kalaupun ada pasti udah langsung teralihkan dengan membaca atau marathon nonton film drama korea (T.T gini amat kehidupan ngeblog gue ~)

Duluuu banget sering iri sama blogger yang punya blog dengan konten yang bagus, konsisten dan apiklah. Tapi kemudian aku merasa gak pantes aja buat iri, lah gimana bisa blog bagus kalau ngerawatnya juga asal ada waktu aja ???

Kalau mau bagus yang rajin dong ngeblog, kurangin tidur sama main hapenya, atur waktu lo biar bisa lebih disiplin !!! (ngetik sambil ngomel-ngomel sendiri T.T)

Karena semua yang bagus dan keren itu perlu perawatan, konsintensi dan tentu saja kreativitas, untuk hal apapun itu. Apalagi ngeblog itu kegiatan yang menuntut sipenulis untuk selalu kreatif dengan konten dan pernak perniknya biar banyak dilirik sama warganet.

Yah, sekian curhat, ngerant atau keluh kesahku tentang writer slump kemalasanku dalam ngeblog. Jujur ketika mau ngetik ini juga aku mesti mungumpulkan niat yang besar dari jauh-jauh hari dan bahkan nyempetin blogwalking ke beberapa blogger fave biar kepancing gitu hasrat menulisku. Bahkan aku juga menyiapkan suasana dan mood khusus biar keinginan menulis ini gak lagi-lagi mandek di tengah jalan karena teralihkan hape atau bantal yang empuk …

Ok, see you again …


Pict by Google


Tidak ada komentar:

Posting Komentar