Minggu, 27 Maret 2016

[Review] Duhh ... Susahnya Jatuh Cinta !

www.amartapura.com

Judul : Duhh … Susahnya Jatuh Cinta !
Penulis : Orizuka
Penyunting : Tety R. Jumanta
Desain sampul & Layout : M. Rafi Syahid Putra
Ilustrator : LovelyNa
Penerbit : Tanda Baca
Cetakan : Pertama, September 2006
Jumlah halaman : 258 hlm
ISBN : 979 – 15184 – 5 – 9


“Dan aku menganggap diriku tidak normal. Apa lagi yang bisa lebih buruk ? Aku adalah cewek tujuh belas tahun yang belum pernah sekalipun mempunyai cowok. Yap, benar, aku menyedihkan. Tapi salah siapa aku begini ? Yap. benar lagi, keluargaku. Mereka selalu saja mau ikut campur kalau urusannya sudah menyangkut aku dan cowok. Mereka extremely-over-protected padaku.”


Dazafa Senna adalah gadis berusia 17 tahun yang sangat beruntung karena dilahirkan di tengah-tengah keluarga berada, bahkan bisa dibilang sangat kaya. Namun sayangnya dia sendiri merasakan kesialan lahir di tengah-tengah keluarga Senna.

Bagi Daza, lahir dan hidup di keluarga Senna bak kutkukan karena harus memiliki keluarga yang ekstra nyentrik. Mulai dari kakek, nenek, ayah, bunda, om, tante serta kakak dan adiknya semuanya memiliki sifat yang menurutnya aneh, menyebalkan, dan jauh dari kata normal.

Yang paling mengesalkan adalah sifat keluarganya yang selalu ikut campur dalam kehidupan percintaan Daza. Sampai berusia 17 tahun ia tidak pernah merasakan berpacaran karena keluarganya yang over protektif. Setiap ada cowok yang mendekatinya, maka cowok itu harus lulus ujian dari semua keluarga untuk bisa bersanding dengan Daza. Cowok mana yang tahan dengan ujian gila keluarga Senna ??


Daza stress apalagi kemudian ada seorang cowok cakep bernama Dalas yang mendekatinya. Tentu saja Daza berbunga-bunga sekali didekati cowok ganteng nan baik hati, walaupun dalam hatinya sibuk memikirkan bagaimana reaksi keluarganya jika mengetahui Daza berdekatan dengan seorang cowok.

Belum selesai masalah di situ, Ayah Daza memperkenalkannya pada seorang guru privat dengan kegantengan level Josh Harnet namun sikap galak bak serigala, Logan namanya. Daza yang memang bermasalah dengan pelajaran matematika malah harus menghadapi cowok galak yang hobi menindasnya dengan tumpukan soal matematika itu.

Namun Daza juga tidak bisa menyangkal kalau ia mulai menyukai Logan, bahkan meski Logan bersikap galak padanya. Tapi ia juga tidak bisa mengabaikan Dalas, yang bersedia menerimanya bahkan dengan keekstriman keluarga Daza. Perasaan Daza bertambah kacau ketika ia tahu bahwa Logan tidak menyukai tipe cewek macam Daza. Tapi Daza tidak menyerah, ia bahkan bertaruh untuk hal yang tidak mungkin demi dilihat oleh Logan …

Novel karya Orizuka ini adalah novel lama yang kebetulan aku temukan dari rak di perpustakaan daerah. Karena memang lagi ikut tantangan membaca novel romantis akhirnya aku ambil aja novel ini. Dan sebenarnya karena ada nama Orizuka-nya sih. Karena setau aku Orizuka memang penulis novel romantis yang udah punya banyak karya.

Duhh … Susahnya Jatuh Cinta … ! memang bergaya teenlit sekali. Baik gaya bercerita dan bahasanya memang ditujukan untuk pembaca remaja. Tema ceritanya menarik meski sebenarnya sangat umum. Yang membuatnya berbeda adalah latar belakang keluarga karakter utama ceweknya yang sangat aneh dan nyentrik kalau menurutku. Keluarga nyentrik inilah yang sepertinya lebih menjadi dasar konfilk di novel ini.

Cuma aku merasa cerita novel ini seperti ada yang nanggung ya. Perlakuan over protektifnya keluarga Daza ke Daza itu masih kurang terasa, padahal bisa aja Daza setiap pulang pergi sekolah hanya diantar supir keluarga dan bukannya sama Rinda sahabatnya. Terus ada beberapa bagian yang sepertinya Daza terlalu lebai dalam menggambarkan kenyentrikan keluarganya sendiri.

Berasa aneh sebenarnya dengan skenario konspirasi untuk Logan dan Daza yang disusun keluarga Senna ini,  seperti kurang matang rencananya. Nggak ada unsur kejutannya, malah aku sempet bingung pas di anti klimaksnya yang mengungkapkan kenapa Logan bisa jadi guru privat Daza dan bersikap galak seperti itu.

Dan mungkin karena menghindari ending cerita yang pasaran untuk tema umum seperti itu, sehingga penulis lebih memilih menggantungkan akhir ceritanya. Itu masalah Logan serta karakter Sandranya kok nggak diungkap lebih jauh ya ? Soalnya kan kalau diceritakan pembaca bisa lebih tau kenapa sikap Logan bisa plin plan gitu ke Daza. Meski sebenarnya happy ending, tapi ceritanya meninggalkan tanda tanya bagi pembaca.

Untuk gaya bahasa dan cara bercerita di novel ini mengingatkan aku seperti kalau membaca novel terjemahan. Mungkin penulis memang sering membaca literature terjemahan sehingga gaya menulisnya pun khas novel terjemahan gitu. Tapi tetep rapi dan enak untuk diikutin alur ceritanya kok, lincah dan nggak bertele-tele. Mungkin karena sebenarnya novel ini untuk remaja dan aku yang membacanya udah bukan remaja lagi, jadi terasa biasa aja ya :D

Oiya, penasaran sih apa ini novel pertama Orizuka ? Tapi buatku pribadi novel ini pantas untuk kukasih rating 3 bintang J


NB : Dan ternyata ada versi perbaikan dari novel ini yang judulnya Meet The Sennas. Belum baca tapi sepertinya lebih baik dari versi awalnya ini J


www.goodreads.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar